Tips Mengelola Uang Pribadi

Just another WordPress.com weblog

AKI CHECKING KARTU KREDIT

Posted by tipsbisnisuang on December 10, 2008

Mungkin anda pernah mengalami ketika mengajukan kredit, permohonan anda di tolak oleh bank. Padahal semua persyaratan telah dipenuhi dan gaji anda pun layak untuk memperoleh pinjaman. Ada apa gerangan ?

Kemungkinan ada permasalahan di kartu kredit anda. Semua bank memiliki hak untuk melihat sejarah pembayaran kartu kredit anda. Dengan melihat data anda di Asosiasi Kartu Kredit ( AKI ) atau yg lebih dikenal dengan AKI Checking, maka sejarah pembayaran kartu kredit anda dapat dilihat. Dari rekaman itu bank dapat menilai apakah anda nasabah yang taat membayar atau tidak.

Nah, bila permohonan anda ditolak, kemungkinan ada permasalahan dengan kartu kredit. Oleh sebab itu saya menyarankan agar anda menjaga betul pembayaran kartu kredit anda. Sayangkan ketika gaji anda naik, dan anda ingin membeli aset seperti rumah atau mobil, keinginan itu tertunda karena masalah AKI checking.

Gunakan kartu kredit secara bijak !

Advertisements

Posted in keuangan pribadi | Tagged: | 2 Comments »

RACUN OTAK GEROGOTI ANDA !

Posted by tipsbisnisuang on November 24, 2008

Ditengah situasi sulit belakangan ini banyak hal bisa terjadi pada kondisi keuangan kita. Melambungnya harga pangan, yang kemudian diikuti oleh naiknya harga BBM, tentu saja merupakan pil pahit bagi kita semua. Efeknya sangatlah jelas, pengeluaran untuk memperoleh kebutuhan hidup menjadi naik. Mirisnya lagi, kenaikan pengeluaran itu lebih besar dan lebih cepat dibandingkan dengan pendapatan yang kita peroleh. Daya beli kitapun menjadi turun.

Satu pertanyaan muncul dalam benak saya, apakah dengan situasi seperti ini memiliki impian akan sesuatu sangat tergantung pada daya beli ? Bagi saya, kata – kata melemahkan mental seperti : daya beli masyarakat tururn, harga-harga melambung, tabungan kita habis oleh inflasi , dan lain sebagainya merupakan “ racun otak” yang berbahaya.

Untuk melawan “racun” itu diperlukan sebuah strategi. Strategi dalam pengelolaan keuangan individu. Strategi mengelola keuangan merupakan sebuah cara yang terstruktur untuk mengantisipasi jebolnya keuangan kita.

Kembali ke pertanyaan saya di atas, apakah dengan kondisi ekonomi susah model begini, kita masih bisa membeli apapun yang kita inginkan ? Apakah berhutang ( salah satu cara cepat memperoleh barang atau jasa yang anda inginkan ) masih aman untuk dilakukan ?

Saya tidak menjamin ketika anda selesai membaca tulisan ini , kondisi keuangan anda segera membaik. Hutang anda segera dapat anda lunasi. Dan anda dapat pergi berlibur kemanapun anda suka. Banyak factor yang menjadi kendala. Tapi yang ingin saya sampaikan adalah anda perlu berlatih untuk merubah wajah keuangan anda. Anda perlu mengubah cara pandang anda , bahkan sikap anda terhadap keuangan anda saat ini. Perubahan yang revolusioner kemungkinan besar anda butuhkan. Tapi saya rasa itu masuk akal kan. Siapa lagi yang bisa membantu merubah kondisi keuangan anda selain anda sendiri ?

Posted in Mindset | Tagged: | Leave a Comment »

BERANI MENGHITUNG UANG KITA ?

Posted by tipsbisnisuang on November 23, 2008

imagesJudul di atas tampaknya sepele . Masak sih, uang yang kita punya tidak berani kita hitung. wong, itu uang ya uang kita bukan uang orang lain , kenapa kagak berani ?

Betul, soal menghitung uang pasti berani. Tapi kalo anda diminta untuk menulis semua pendapatan anda dan kemana aja larinya uang nda, apakah anda punya keberanian yang sama ?

kalo anda yang membaca terus senyam senyum sendiri, berarti tidak berani-berani amat khan ? Apalagi kalo ngitungnya bareng sama istri atawa suami, waduh bisa runyam. Ketahuan deh kalo kita doyan belanja.

Tapi sebenarnya, bila kita ingin keluar dari permasalahan keuangan seperti :

  • kenapa ya gaji kok gak pernah cukup ?
  • Kenapa ya membayar cicilan utang kok rasanya berat banget
  • saya tidak bisa nabung, padahal gaji saya lumayan besar.
  • dan lain sebagainya.

langkah pertama adalah mengetahui kondisi keuangan anda saat ini. Berapa yang anda peroleh dalam pos pendapatan dan berapa banyak yang anda keluarkan untuk pos pengeluaran. tanpa menghitung kondisi keuangan kita, kita tidak pernah tahu apa penyebab kacaunya keuangan kita.

nah silahkan ambil kertas. Silahkan garis kertas itu menjadi dua bagian.

Disisi sebelah kanan tuliskan seluruh pengeluaran anda. Mulai dari biaya listrik, makan, sekolah, cicilan dan lain sebagainya. Tulis jumlah uang yang telah anda keluarkan. Jumlahkan semuanya !

Disisi kiri tulis semua pendapatan anda. saran saya pendapatan yang anda tulis adalah pendapatan yang tetap saja. Jumlahkan semuanya ! Sudah ?

nah sekarang kurangkanlah total pendapatan anda dengan pengeluaran anda.

Bila ada sisa lebih dari 15% m keuangan anda cerahhh.

Bila sisa dibawah 15% keuangan anda dalam kondisi hati-hati.

Bila tidak ada sisa bahkan defisit, anda harus segera mengambil langkah khusus. Gimana caranya? salah satunya dengan membaca terus blog ini.

Posted in keuangan pribadi | Tagged: | Leave a Comment »

Hello world!

Posted by tipsbisnisuang on November 23, 2008

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Posted in Uncategorized | 1 Comment »